Search This Blog

Translate

Proteus

21 August 2014

Proteus merupakan gabungan dari program ISIS dan ARES. Dengan penggabungan kedua program ini maka skematik rangkaian elektronika dapat dirancang serta disimulasikan dan dibuat menjadi layout PCB.

ISIS singkatan dari Intelligent Schematic Input System dan merupakan salah satu program simulasi yang reintegrasi dengan protes dan menjadi program utamanya. ISIS dirancang sebagai media untuk menggambar skematik rangkaian elektronik yang sesuai dengan standar internasional.

Dalam ISIS juga dimasukkan sebuah program ProSPICE yang berguna untuk menyimulasikan skematik rangkaian, sehingga ISIS dapat menjadi program simulator rangkaian elektronika yang interaktif. ProSPICE dirancang berdasarkan standar bahasa pemrograman SPICE3F5, sehingga mampu menyimulasikan rangkaian gabungan dari komponen analog dan digital secara interaktif yang dikenal dengan istilah Interface Mixed Mode Circuit Simulator.

Dengan mengintegrasikan ProSPICE ke dalam program ISIS maka akan dihasilkan sebuah pemodelan sistem secara virtual yang dikenal dengan istilah Virtual System Modelling (VSM). Melalui teknologi VSM inilah maka program ISIS dapat menyimulasikan berbagai komponen mikroprosesor dan mikrokontroler. Diharapkan dengan menggunakan program simulasi ini maka perancangan rangkaian berbasis mikrokontroler dapat lebih mudah dilakukan serta mengurangi biaya produksi dan menghemat waktu. ISIS dilengkapi program compiler, sehingga dapat mengompilasi file kode sumber seperti Assembly menjadi file HEX sehingga nantinya dapat digunakan oleh mikrokontroler yang sebenarnya.

ARES singkatan dari Advanced Routing & Editing Software. Program ARES berguna untuk membuat layout PCB. Paket-paket komponen elektronika yang akan digunakan untuk membuat layout PCB dapat berasal dari skematik rangkaian yang dibuat melalui ISIS.

Sumber:

Rangkuti, Syahban. (2011). Mikrokontroler Atmel AVR. Bandung: Informatika.

No comments :

Post a Comment

 
Selamat Datang ^^_____Pembaca Bijak Meninggalkan Jejak_____Terima Kasih^^

Benkyou

Benkyou

Followers

About Me

Hanya ingin berbagi soalnya zaman kuliah dulu banyak terbantu sama postingan orang. Nah, sekarang saatnya 'balas budi'. Mungkin tulisannya tidak terlalu bagus, maklum masih amatiran tapi semoga ke depannya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi. Semoga manfaat. Aamiin... Ditunggu saran dan kritiknya ^^

Total Pageviews