Daftar isi adalah daftar tentang isi suatu
tulisan, baik itu karya ilmiah maupun bukan. Di Microsoft word kita dapat
membuat daftar isi secara manual atapun otomatis. Dengan menggunakan fitur yang
ada di Word, daftar isi yang dibuat menjadi lebih rapi jika dibandingkan dengan
kita mengetik sendiri, terutama titik-titik penghubung bab dengan halamannya.
Cara manual maupun otomatis hasilnya sama saja. Bedanya jika menggunakan cara
otomatis, bab maupun sub bab yang akan dimsukkan ke dalam daftar isi harus dibuat
headingnya terlebih dahulu dan keuntungannya jika ada halaman yang berubah,
daftar isi bisa di-update. Jadi, tidak perlu diperiksa satu-satu.
Adapun caranya adalah sebagai berikut:
- Buka dokumen yang akan dibuat daftar isinya.
- Klik references – table of contents – pilih automatic table 1/ automatic table 2/ manual table. Misal dipilih manual table sehingga akan muncul format berikut:
- Untuk menuliskan nama bab dan sub-bab nya, hapus type chapter title dan ketikkan nama bab dan sub-bab yang digunakan. Jika formatnya kurang, tinggal copy paste saja, format bab untuk bab dan format sub-bab untuk sub-bab. Caranya blok fomat bab, klik kanan, kemudian klik copy.
- Contoh yang saya buat adalah sebagai berikut. Jika font dan ukuran huruf ingin diganti, blok saja semuanya kemudian pilih font dan ukuran yang diinginkan.
- Kelemahan manual table adalah table tidak bisa di-update secara otomatis. Nah, supaya otomatis, kita bisa memilih automatic table dan setiap bab diberi heading 1 dan sub-bab diberi heading dua. Caranya blok nama bab/sub-bab, klik home, pilih heading yang akan digunakan. Tanda bab/sub-bab kita sudah diberi heading adalah munculnya menu dropdown di sebelah kiri nama bab.
Jika ada perubahan maka table bisa di-update.
Klik references – update table
No comments :
Post a Comment